Atasi Virus Shorcut di Flashdisk


Pernah ngalamin kejadian ketika men-colokkan flashdisk di komputer terus tiba - tiba file ilang semua dan tergantikan oleh file - file shorcut ?

Nie di sini saya pengen sedikit bagi - bagi ilmu tentang bagaimana cara menghilangkan virus shorcut dan mengembalikan file - file yang hilang tersebut. Sebenarnya, file - file kita di flashdisk yang tercemar virus shorcut tidak hilang atau terhapus. Hanya saja, file - file tersebut tertimpa oleh file shorcut dan kemudian ter-hidden oleh virus. Jadi, hakikatnya file kita cuma disembunyikan oleh tu virus. Jadi, gak usah panik dan teriak - teriak gak jelas kalo umpama flashdisk kita tercemar virus ini. Karena emang gak berbahaya. Tapi ya emang dasarr manusia , mereka itu takut dengan apa - apa yang tidak mereka pahami. :-D 

Sorry gue sedikit menyitir kata kata ne Robert Langdon di novel 'Angels and Demons' hasil karya Dan Brown. Novel favorit gue,, hahaha

Okee, nie langkah - langkah nya, perhatikan dengan seksama. Check it out .

  • Pertama colokkan dulu flashdisk nya gan , dan jangan buka di Explorer nya.

  • Buka CMD, dengan cara Klik Start -> All Programs -> Accessories -> Command Prompt. atau juga bisa buka dengan cara Tekan tombol 'Windows + R' . Tuliskan 'cmd' trus klik 'OK' .

  • Di jendela CMD , ketikkan kode berikut 

attrib -h -r -s /s /d f:\*.*

  • Sebelum lanjut ke langkah berikutnya , pahami dulu kodenya d bawah ini.

Keterangan : 

-h    : adalah perintah untuk meng-unhide seluruh file yang ada di flashdisk anda gan.
-r    : adalah perintah untuk membuat file file yang ada di Flash anda tidak lagi Read-Only.
-s    : adalah perintah untuk melepaskan file shorcut yang ada di Flash anda dari system agar mudah dihapus.
f    : Kode huruf ini adalah alamat Flashdisk anda. Ganti dengan alamat drive yang digunakan oleh PC untuk flashdisk yang dicolok.
*.* : Maksudnya adalah semua file yang mempunyai ekstensi.

Jika kode telah selesai di ketikkan, tinggal tekan tombol 'Enter'. dan tunggu beberapa detik , karena komputer sedang menjalankan proses penghilangan virus. Lama tidaknya proses tergantung dari berapa banyak file yang ada di dalam flashdisk anda. 

Good Job Guys, selamat mencoba. 
Jika ada masalah , tinggalkan pesan dalam Kolom Komentar. :-)
Terima kasih telah berkunjung ke halaman Saya.

---------- www.imadoed.blogspot.com ----------
Previous
Next Post »